Workshop Implementasi Sistem Tata Kelola Keuangan Desa Dengan Aplikasi Siskeudes Versi 2.0

Workshop Implementasi Sistem Tata Kelola Keuangan Desa Dengan Aplikasi Siskeudes Versi 2.0

Pembicara dan Moderator Workshop


Bertempat di Ballroom Smart Hotel Lubuklinggau, Senin, 21 Januari 2019, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Bekerjasama dengan Inspektorat Kabupaten Musi Rawas, Menyelenggarakan Workshop Evaluasi Implementasi Sistem Tata Kelola Keuangan Desa Dengan Aplikasi Siskeudes Versi 2.0, acara tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Musi Rawas H. Hendra Gunawan, pada kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan Gillbert August Hasudungan Hutapea, Ak., M.M., Kepala Kejaksaan Negeri Lubuklinggau, Mewakili Dandim 0406 Musi Rawas, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas, Kepala Desa yang berada di 14 Kecamatan yang tercakup dalam Wilayah Kabupaten Musi Rawas.

Pembicara pada acara tersebut adalah Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Ir. Achmad Hafisz Tohir, Deputi BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (PPKD) Drs. Gatot Darmasto, Ak., MBA., CRMA., CA., CFrA., Pengendali Teknis BPK RI Perwakilan Sumatera Selatan Antonio Inoki, S.E., M.Si., Ak., CA., Kapolres Musi Rawas AKBP Suhendro dan yang bertindak sebagai Moderator adalah Bupati Musi Rawas, dalam materinya Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Ir. Achmad Hafisz Tohir menyampaikan tentang awal mula Dana Desa, Dana Desa yang merupakan amanat UU NO 6 Tahun 2014 Tentang Desa, bergulir pertama kali sejak tahun 2015 yang pada waktu itu anggarannya berkisar Rp. 20 Triliun, dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan dan pada Tahun 2018 anggarannya mencapai Rp. 70 Triliun, “karena anggaran yang terus meningkat, maka system pengawasannya juga harus kita sempurnakan terus menerus” demi tercapainya kesejahteraan masyarakat secara merata.

Deputi BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (PPKD) Drs. Gatot Darmasto, Ak., MBA., CRMA., CA., CFrA, dalam paparannya menyampaikan keunggulan dari Transparansi Akuntabilitas Keuangan Desa melalui Aplikasi Siskeudes Versi 2.0 yang telah disesuaikan dengan Permendagri 20/2018 yang meliputi diantaranya Aplikasi Versi terbaru ini telah dirancang sesuai dengan regulasi yang berlaku, memudahkan tata kelola keuangan desa, kemudahan penggunaan aplikasi (user friendly), Builyt-in Internal Control, didukung dengan petunjuk Pelaksanaan Implementasi dan Manual Aplikasi, Kesinambungan Maintenance, dan Menatausahakan seluruh sumber dana yang dikelola oleh Desa.

Dalam kesempatan yang sama Antonio Inoki, S.E., M.Si., Ak., CA.,Pengendali Teknis BPK Perwakilan Sumatera Selatan menyampaikan tentang pemeriksaan dana desa, dalam rangka mendukung capaian program dana desa, Pimpinan BPK telah menetapkan Renstra BPK Tahun 2016 – 2020 yang salah satu temanya adalah Pembangunan Desa dan kawasan pedesaan dengan Tentative Strategic Audit Object (TSAO) atau fokus pemeriksaan Menilai Upaya Pemerintah dalam Meningkatkan Kapasitas Pemerintah Desa. Tujuan pemeriksaan adalah untuk memberikan manfaat dalam mendukung pencapaian program pemerintah dalam bidang pembangunan kewilayahan dalam hal ini desa dan kawasan pedesaan.

Menurut Kapolres Musi Rawas AKBP Suhendro, Peran Preventif Polri dalam pengelolaan dana desa salah satunya diwujudkan dengan peran pendampingan terhadap pengelola keuangan. “Yang harus dipahami disini, bahwa fungsi deteksi bukan hanya sekedar mencari kesalahan dari pengelolaan keuangan Negara, namun yang terpenting adalah menemukan permasalahan secara dini, sehingga langkah – langkah korektif, dan preventif dapat segera dilaksanakan, dimana  diharapkan hasil akhir dari pengelolaan keuangan tersebut dapat tercapai sesuai yang direncanakan”.

Inspektur Kabupaten Musi Rawas Alexander Akbar, S.E., M.E. menyampaikan bahwa berdasarkan pasal 2 Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa, pengelolaan Keuangan Desa dikelola berdasarkan asas transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran, ungkapnya. (HrD)

<a href="http://www.expoilt.com/" title="wso shell">wso shell</a>
<a href="https://bizimseo.co/" title="hacklink">hacklink</a>
<a href="http://evdeneve.services/" target="_blank" title="evden eve nakliyat">evden eve nakliyat</a>
<a href="https//bizimseo.co/" target="_blank" title="hacklink satış">hacklink satış</a>
<a target="_blank" title="Google" href="https://www.google.com"><strong>Google</strong></a>


0 Komentar

Tulis Komentar